Berita

Siswi MAN Karo meraih Gelar Juara di EVENT ESSAY COMPETITION DISCO 7TH SE-INDONESIA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG TAHUN 2024

Selasa, 14 Mei 2024 14:29 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas). Siswa Madrasah Aliyah Negeri Karo Sofi Anjani W, Shabiroh Az-Zahra, Ghaitsa Z.Shofa  berhasil meraih Juara 2 pada EVENT ESSAY COMPETITION DISCO 7TH SE-INDONESIA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG TAHUN 2024 Bidang Karya Tulis Ilmiah dengan judul BUMINTARA DECOMPOTION TPA yang dilaksanakan secara Luring, Sabtu (11/5/2024).

 

 

Kepala MAN KARO HAshari Fahmi mengucapkan selamat dan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh siswa MAN Karo dan berpesan agar jangan cepat berpuas diri, tetap rendah hati dan rajin belajar agar kedepan bisa meningkatkan prestasi yang diraih bahkan bisa mengikuti event Internasional

 

 

“Syukur Alhamdulillah atas hasil yang dicapai oleh siswa MAN Karo pada kompetisi tingkat nasional ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada guru pembimbing yang sudah dengan sabar membimbing peserta. Insya Allah prestasi ini bisa menjadi pemicu semangat bagi siswa yang lain untuk turut serta mengukir prestasi,” ungkapnya.

Sementara itu Guru Pembimbing Karya Tulis Ilmiah Harsona Sinurat biasa disapa HS mengatakan, prestasi yang diraih ini tidak di dapat dengan mudah. “Setiap siswa memiliki motivasi dan minat yang berbeda, sehingga tugas kita adalah mencari minat dan bakat selanjutnya mengarahkan ke arah yang tepat sehingga menghasilkan generasi muda muslim yang cerdas yang dapat memberi sumbangsih yang besar di masa yang akan datang,” ungkapnya.

 

 

Lebih lanjut HS mengatakan hal yang dilakukan siswa adalah menyusun perencanaan dan strategi yang matang, lalu menerapkannya secara disipilin sesuai waktu yg telah disusun untuk bekerja dan berlatih terus menerus. Kedisiplinan, semangat dan motivasi yang tinggi membuat tim ini semakin berani dan yakin dalam menghadapi segala kendala dan rintangan yang ada. Serta kami tidak lupa disetiap sholat kami, kami memanjatkan doa untuk diberikan kelancaran dan pengetahuan yang sempurna, tak lupa juga kami selalu meminta restu, doa dan dukungan dari orang tua kami . Alhamdulillah dengan kerja keras, usaha dan berlatih terus menerus tanpa kenal lelah, akhirnya semua dibayar dengan prestasi yang sangat luar biasa.

 

 

Sofi Anjani Waruwu Sebagai Ketua Tim ini mengatakan “ penelitian kami ialah untuk Membuat desain bangunan ramah lingkungan dan berbasis teknologi modern yaitu Kawasan Tempat Pembuangan Akhir yang dapat mengubah sampah menjadi produk produk bermanfaat seperti bahan bakar, pestisida, Pupuk, bahan pembuatan keramik dll dan  memiliki kawasan edukasi berbasis teknologi Virtual Reality, hologram, yang dimana kita dapat merasakan secara nyata dampak kerusakan lingkungan terutama sampah. Kawasan tersebut di beri nama oleh tim Manodya MAN Karo yaitu BUMINTARA DECOMPOTION TPA.

 

Lebih lanjut Waruwu mengatakan desain, ide dan inovasi karya tim MAN Karo banyak di apresiasi oleh dosen dan mahasiswa arsitektur dan teknik sipil merupakan karya yang menakjubkan dari siswa yang masih di SMA. Karna gambar desain 2D (2 Dimensi) digambar dan dirancang sendiri oleh siswa MAN Karo sendiri dengan desain mewah dan menakjubkan. Serta penerapan teknologi bangunan yang sangat ramah lingkungan serta dapat diterapkan.

Event ini diikuti oleh 120 SMA Se Indonesia kemudian yang menjadi Finalis adalah MAN KARO, SMAS KOLESE KANISIUS JAKARTA, SMKN JAWA TENGAH, SMK LABORATORIUM UM MALANG, MAN 1 MEDAN

Siswa MAN Karo yang yang berhasil menjadi juara 2 di event ini didampingi langsung oleh Kepala MAN Karo, Hanifah Br Ginting, M.Pd, Heriyati S.Pd.I, Nuraini S.Pd, Zusnita S.Pd dan guru Pedamping Harsona Sinurat,S.Pd. (ATH)

Editor:
Dodi HL
Kontributor:
ALi Taharah
Penulis:
ALi Taharah

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -