Berita

Rakor, Bimas Islam Fokuskan Pendataan Tanah Wakaf, Zakat dan Laporan Kegiatan

Rabu, 15 Mei 2024 15:45 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas). Jajaran Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Karo menggelar rapat kordinasi. Rakor digelar di Ruang Aula Sulaiman Tarigan Kantor Kemenag Karo pada Rabu (15/05).

Rapat diawali pengantar dari Kasi Bimas Islam Drs. H. Adi Sungkono, MA. Kasi Bimas Islam sampaikan materi rapat tentang percepatan pendataan status tanah wakaf, data zakat fitrah dan laporan BOP. "Saya juga mengimbau tentang pentingnya menyusun rencana kerja dan administrasi dalam pelaksanaan program-program yang ada, sehingga diharapkan eksekusi kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal, begitu pula dengan pelaporan kegiatan dapat selesai tepat waktu, "pungkasnya.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo Dr. H. Mustapid, MA mengatakan pertemuan rakor ini selain sebagai wadah silaturahim kita, juga sebagai langkah kita untuk mengambil kesepakatan-kesepakatan sebagai out yang harus kita laksanakan bersama-sama.

Selain itu juga rakor ini kita laksanakan untuk memantapkan program-program nasional Kementerian Agam dan sebagai evaluasi dari pelaksanaan tupoksi kita masing-masing,” ujar Kakan Kemenag.

Kakan Kemenang juga menyampaikan tentang pentingnya melaksanakan tupoksi sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada. Tak bisa kita pungkiri, bahwa tugas-tugas di kecamatan yang diemban sangat banyak. "Untuk itu saya harap bekerjalah sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tupoksi yang kita laksanakan wajib sesuai prosedur dan tata kelola administrasi," jelasnya.

Selain itu, Kakan Kemenang juga mengimbau kepada Penyuluh Agama Islam (ASN) untuk turut aktif menyelesaikan tugas-tugas di lapangan termasuk berkaitan dengan data tanah wakaf, zakat, data umat beragama yang nantinya dapat dipetakan potensi umat di wilayah kerja kita masing-masing.

"Saya juga mengingatkan kepada penyuluh untuk mengikuti Pendamping Proses Produk Halal. Hal ini guna menargetkan Wajib Halal Oktober (WHO) 2024,"jelasnya.

"Kita telah melaksanakan Kampanye WHO 2024 mulai April (04/04) yang lalu hingga terakhir Kampanye WHO di daerah wisata pada Mei (04/05) yang lalu. Tentunya program ini harus kita dukung sebagai salah satu program Kementerian Agama.

Di penghujung pertemuan Kakan Kemenag juga mengingatkan kepada Kepala KUA untuk mempersiapakan para peserta yang akan mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten Karo Tahun 2024.

“Untuk pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Pada Senin (20/05) mendatang, Kepala KUA harap memantau peserta yang ikut lomba di masing-masing kecamatan,” terangnya.

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Ahmad Yani, M.Kom.I
Penulis:
Ahmad Yani, M.Kom.I

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -