Berita

Penyuluh Agama Katolik Hadiri Rapat Persiapan Kegiatan Sekami Paroki SPM Mewujudkan Solidaritas Kaum KLMTD

Senin, 1 April 2024 09:43 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Penyuluh Agama Katolik pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo F.Sudaryanto,S.Ag mengikuti rapat persiapan pelaksanaan kegiatan TPP (Tim Pokus Pastoral) Paroki SPM Kabanjahe untuk mewujudkan solidaritas kepada KLMTD yaitu (Kaum  Kecil, Lemah,Miskin, Terpinggirkan dan Difabel) dengan mengikutsertakan anak Sekami paroki SPM (Santa Perawan Maria Diangkat Kesurga) Kabanjahe bertempat di depan ruang  rekreasi pastoran. Selasa (26/03).

Dasar Pelaksanaan kegiatan yaitu bahwa Paus Fransiskus menyerukan tentang persaudaraan dan persahabatan sosial. Dengan kekagumannya kepada St. Fransiskus dari Assisi, Paus Fransiskus juga hendak mengundang setiap orang kepada cinta kasih yang melampaui batas batas geografis dan jarak jauh. Ajakan ini berupa menabur kedamaian dan berjalan bersama mereka yang miskin, yang diabaikan, yang sakit, yang tersingkir, dan yang paling hina.  Paroki SPM hendak mengikut-sertakan kepedulian anak Sekami Separoki untuk mewujudkan solidaritas kepada KLMTD

Senada dengan itu Paus Fransiskus dalam  Amoris Laetitia  juga menegaskan pendidikan anak-anak yang lebih baik. Pendidikan anak-anak harus ditandai dengan proses pewarisan iman, hal ini di persulit oleh gaya hidup masa kini, dimana orang harus mengejar agar bertahan hidup. Pewarisan iman merupakan tanggung jawab warga dan Gereja. Pendidikan iman harus disesuaikan bagi setiap anak, berdasarkan umur mereka. Kaum remaja biasanya memiliki masalah dengan otoritas dan aturan, sebaiknya kita mendorong pengalaman iman mereka sendiri, dan memberi mereka kesaksian-kesaksian cemerlang..

Maka Paroki SPM hendak mengadakan pembentukan dan pembinaan Areka pada tingkat paroki maupun stasi. Dengan pembentukan Areka ini, iman mereka akan di bina sesuai dengan kebutuhan dan tingkat usia mereka, dengan demikian  Areka akan ikut berpartisipasi aktif dalam hidup menggereja.

Seruan Paus itu akan dilaksanakan tanggal 7 April 2024, Minggu Paskah 2, diawali dengan perayaan Ekaristi sekaligus pelantikan Pembina Areka se-Paroki SPM Kabanjahe.

 

 

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
F.Sudaryanto,S.Ag
Penulis:
F.Sudaryanto,S.Ag

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -