Berita

Penyaluran Zakat Oleh Pengurus Unit Pengumpul Zakat Kantor Kemenag Karo 1445 H / 2024 M

Kamis, 4 April 2024 12:02 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo Dr.H.Mustapid,MA bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo Karni Harahap, S.Ag, M.Si sekaligus Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Karo didampingi Sekretaris Pendapotan Siregar,S.Pd.I melaksanakan kegiatan penyaluran Zakat di lingkungan Kementerian Agama Karo yang meliputi Seksi Pendidikan Islam, Seksi Bimas Islam, Penyelenggara Haji dan Umroh, Unit Kantor Urusan Agama Kabupaten Karo, Madrasah Aliyah Negeri Karo dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Karo dan Seluruh Unit Kerja di lingkungan Kemenag Karo.

Perlu diketahui bersama bahwasanya sumber dana dari Zakat ini  bersumber dari Zakat Profesi seluruh ASN di lingkungan Kemenag Karo yang  dihimpun setiap bulannya melalui UPZ Kemenag Karo. Sesuai keputusan yang disepakati oleh Pengurus dan Anggota UPZ Kemenag Karo bahwasanya Penyaluran Zakat ini akan diberikan sesuai aznab di lingkungan unit kantor kemenag Kabupaten Karo.

Adapun zakat yang dihimpun dari Unit kerja masing – masing ini disalurkan kembali ke orang – orang yang berhak dan membutuhkan di lingkungan unit kerja itu sendiri. Ini merupakan suatu terobosan baru yang digagas oleh Pengurus UPZ yang sekarang ini. Dimana Zakat yang berasal dari unit kerja tersebut kemudian dikembalikan kembali ke unit kerja tersebut untuk membantu orang yang membutuhkan di lingkungan kerja unit tersebut yang dikoordinir oleh kepala unit satuan kerja masing – masing.

Penyaluran dana berupa uang tunai dibagi kepada 3 sasaran Mustahik yaitu  tanggal 2 April 2024 diberikan bea siswa miskin/ fisabilillah siswa-siswi miskin MAN Karo sejumlah 70 orang dan siswa MTsN 142 siswa, tanggal 05 April 2024 sasaran fisabillah kepada 80 orang pramubakti, penyuluh, sekretariat, bimas Islam,Pendis dan Urusan Haji.

Jadi pada akhirnya kemanfaatan dari Zakat Profesi ini dapat dipantau dan dirasakan langsung oleh lingkungan kerja itu sendiri. Pertimbangan ini tentu sudah sangat tepat karena memang masih banyak orang – orang yang masih membutuhkan Zakat itu sendiri di lingkungan dalam Kementerian Agama Karo ini. Contohnya penyaluran ini menyasar langsung siswa – siswi yang kurang mampu berupa beasiswa, yang masih banyak terdapat  di lingkungan madrasah binaan kementerian agama karo.

Kedepan, sesuai arahan dari Kepala Kantor, sehubungan dengan telah terbentuknya Pengurus BAZNAZ Kabupaten Karo. Diharapkan UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo dapat berkoordinasi dan bergabung dibawah Kepengurusan BAZNAZ Kabupaten Karo ini supaya dapat memaksimalkan Potensi Zakat Umat Islam di Kabupaten Karo ini.

Selanjutnya , Karni Harahap,S.Ag, M.Si beserta pengurus lainnya berpesan kepada seluruh Penerima Zakat supaya memanfaatkan Zakat ini dengan sebaik – baiknya. Mudah-mudahan apa yang kami perbuat ini dapat diterima dengan baik dan kami sadari bilamana masih banyak kekurangan disana – sini, kami mohon maaf. Zakat ini bersumber dari seluruh ASN kita dan alangkah baiknya mengingat banyak saudara – saudara kita di lingkungan kita sendiri yang masih banyak kekurangan maka zakat itu kita kembalikan ke warga kemenag karo itu sendiri, InsyaAllah dengan penyaluran Zakat ini dapat membantu saudara – saudara sekalian, Amanat dari Karni Harahap, S.Ag, M.Si selaku Ketua UPZ didampingi pengurus lainnya.

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dodi HL
Penulis:
Dodi HL
Fotografer:
Dodi HL

Kalender

April 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -