Berita

Penguatan Pemahaman Bentuk Bhakti Dalam Memuja Tuhan Di Ajaran Agama Hindu

Jumat, 23 Pebruari 2024 11:27 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Bimluh kepada umat Hindu di Desa Kidupen Kecamatan  Juhar Kabupaten Karo dilaksanakan Penyuluh Agama Hindu Kankemenag Karo Dinis Ketaren,S.Ag, MM., dengan materi bimluh “Penguatan Pemahaman Bentuk Bhakti Dalam Memuja Tuhan di ajaran agama Hindu”.  Kamis, 22 Pebruari 2024.

Tatacara pelaksanaan ibadah dalam agama Hindu yang disebut Bhakti. Nawa Widha Bhakti adalah sembilan ajaran dimana digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat sedharma terhadap Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).

Bagian-bagian dari Nawa Widha Bhakti : yaitu 1.Srawanam : artinya mendengarkan wejangan atau saran-saran yang baik, contohnya senang mendengarkan, menerima hal-hal baik yang diberikan oleh orang tua maupun guru ; 2. Wedanam : artinya membaca kitab-kitab suci agama yang diyakini, membiasakan diri untuk membaca hal-hal yang dapat menuntun kejalan yang baik, dalam agama hindu bisa seperti sloka-sloka bhagawadgita ; 3. Kirthanam : artinya melantunkan tembang-tembang suci/kidung, contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah mekidung saat selesai melaksanakaan persembahyangan/upacara ;  4. Smaranam : artinya secara berulang-ulang menyebutkan nama Tuhan, contohnya seperti mengucapkan OM Nama Siwa, maupun mantra dimana tujuannya agar diberikan keselamatan jiwa maupun raga; 5. Padasewanam : artinya sujud bhakti di kaki nabe. Contoh sederhananya kita menghormati atau melaksanaakan ajaran Pendeta (Ratu Pedanda), Pemangku; 6. Sukhyanam : artinya menjalin persahabatan, dimana kita sebagai mahluk social tidak bisa hidup sendiri, maka kita perlu menjalin persahabatan agar memiliki hidup yang tenang dan damai ; 7. Dhasyam : artinya berpasrah diri memuja kehadapan para dewa. Berpasrah diri merupakan sikap penuh bertanggung jawab kehadapan tuhan dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. 8. Arcanam : artinya Bhakti kepada Hayng Widhi melalui symbol-simbol suci keagamaan, contohnya menjaga kesucian pura; 9. Sevanam : artinya memberikan pelayanan yang baik, contohnya membantu orang atau memberikan pelayanan terbaik terhadap sesama.

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Dinis,S.Ag,M.M

Kalender

April 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -