Berita

Pemahaman Tiga Hutang Dalam Ajaran Agama Hindu, Umat Hindu Diarahkan Bertanggung Jawab Secara Moral Dan Spiritual

Kamis, 4 Juli 2024 11:51 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Setiap manusia lahir kedunia ini membawa hutang yang tidak terlihat, tiga hutang yang tidak dapat dihindari, hutang kepada Tuhan, kepada orang tua, dan kepada sesama manusia. Konsep Tri Rna menggambarkan hutang yang dibawa oleh setiap manusia lahir.

Penyuluhan Agama Hindu dengan materi “ Memahami Tiga Hutang Dalam Ajaran Agama Hindu dilaksanakan Dinis,S.Ag,M.M., kepada umat Hindu di Negeri Jahe Kabupaten Karo, Rabu (03/07).

Tri Rna, yang terdiri dari Dewa Rna, Pitra Rna, dan Rsi Rna, memainkan peran penting dalam memandu perilaku dan tanggung jawab moral umat Hindu.

Pitra Rna adalah hutang atau kewajiban yang harus dibayar kepada orang tua dan leluhur yang telah memelihara, mendidik, dan membesarkan kita dari lahir sampai dewasa.

Rsi Rna adalah hutang atau kewajiban yang harus dibayar kepada para guru, para Rsi, dan orang suci yang telah berjasa memberikan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang berguna sebagai penuntun dalam kehidupan. Para resi atau guru dipandang sebagai penjaga pengetahuan suci dan pencinta kebenaran.

Dewa Rna adalah hutang atau kewajiban yang harus dibayar kepada Sang Hyang Widhi yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya dan memberikan kehidupan kepada seluruh makhluk hidup.

Dengan memahami konsep Tri Rna dalam ajaran Hindu, serta cara membayar hutang-hutang tersebut melalui pelaksanaan yang sesuai, umat Hindu diarahkan untuk menjalani kehidupan yang penuh tanggung jawab moral dan spiritual. Dengan mempersembahkan penghormatan kepada para dewa, leluhur, dan guru, serta melayani sesama manusia, umat Hindu diharapkan dapat mencapai keseimbangan dalam hubungan dengan alam semesta dan mencapai keselamatan spiritual.

 

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Dinis,S.Ag,M.M

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -