Berita

Menjelang HAB ke-77, Kemenag Karo Ziarah Ke Makam Pendiri Kemenag Karo

Jumat, 23 Desember 2022 06:59 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kementerian Agama Kabupaten Karo gelar ziarah ke makam pendiri Kementerian Agama Kabupaten Karo, yang dulunya dikenal dengan Jawatan Agama yang berdiri tahun 1946. Ziarah dilaksakanan ke makam Kepala Jawatan Agama H.Sulaiman Tarigan Kepala Kantor yang pertama dan ziarah ke makam Drs.H.Abd Muthalib Djuan Tarigan Kepala Departemen Agama yang ke sebelas. Ziarah dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama RI Tahun 2023. Kepala Kantor Kemenag Karo Dr.H.Mustapid,MA memimpin ziarah ke makam pendiri yang juga mantan Kepala Kantor/Jawatan Agama pertama, bertempat di Desa Tiga Binanga.Kamis (22/12).

Perjalanan dari Kantor Kemenag Karo kurang lebih dua (2) jam ke lokasi makam. Penyambutan luar biasa oleh Kepala KUA Tiga Binanga Nasrun Tarigan,S.Pd.I,MA didampingi Penyuluh Agama Islam, Kepala Madrasah Swasta di Tiga Binanga Supriadi,S.PdI juga menghadirkan tokoh-tokoh agama Islam Tiga Binanga dan keluarga besar H.Sulaiman Tarigan dan Drs.H.Abd Muthalib Djuan Tarigan.

Rasa haru dan bahagia disampaikan keluarga besar H.Sulaiman Tarigan atas kunjungan Kementerian Agama Karo, dengan menceritakan sejarah singkat tentang H.Sulaiman Tarigan.

Kakan Kemenag Karo mengucapkan terima kasih kepada keluarga alm. H.Sulaiman Tarigan yang memberikan kesempatan bagi Kementerian Agama Karo untuk melaksanakan ziarah ke makam beliau, yang hadir pada saat ini unsur Kemenag Karo yang terdiri dari Kasi/Penyelenggara, Ka.MAN,Ka.MTsN,dan ASN Kemenag Karo serta panitia HAB ke-77.

Kakan Kemenag Karo memulai sambutannya dengan mengucap syukur kepada Allah SWT. Ziarah ini merupakan agenda rutin Kemenag Karo dalam rangka memperingati HAB Kemenag, tahun lalu kita telah melaksanakan hal yang sama juga, dan diharapkan dilaksanakan setiap tahunnya. Ziarah dilakukan karena beliau salah satu tokoh agama Islam di Karo dan pendiri sekaligus mantan Kepala Jawatan Agama yang pertama.

Kakan menyebutkan nama-nama Kepala Kantor yang pernah menduduki jabatan di Kankemenag Karo, ada 17 nama yaitu 1. H.SULAIMAN TARIGAN, 2. ABD. SALAM TARIGAN, 3. HASANUDDIN HUTASUHUT, 4. EMAT SEMBIRING,  5. M. SALIM  Z, BA, 6. ABU SOFYAN DAULAY, BA, 7. Drs.SARIDIN SIREGAR, 8. Drs.H. KHAIRUDDIN AMRI, 9. Drs.H. SYAHRIAL NAIM, 10. H.SEMPAT MANIK,BA, 11. Drs.H.ABD.MUTHALIB DJUAN TRG,S.Ag, 12. Drs. H. FAKHRY SAMADIN T, S.Ag, 13. Drs.H.BAHARUDDIN PARDOSI, 14. Drs.MARDINAL TARIGAN,MA, 15. Dr.H.DUR BRUTU,MA,16.Drs.H.MUKSIN BATUBARA,M.Pd, 17.H.MUSTAPID,MA. Dan beberapa Kakan Kemenag Karo telah mendahului kita, dan kita dapat melakukan hal yang sama ke makam beliau, dan kita berterima kasih atas jasa mereka, dan kita dapat kirim doa kepada mereka sesuai dengan agama kita masing-masing.

Kakan Kemenag mengatakan tujuan berziarah, pertama, berkunjung ke tempat yang dianggap mulia untuk menyampaikan doa kepada orang-orang yang kita sayang, orang yang telah berjasa bagi kita, semoga arwahnya diberi kelayakan oleh Allah SWT di surga-Nya. Kedua, ziarah juga mengingatkan kita semua bahwa kita juga suatu saat akan sama seperti beliau ini, kita akan dikubur, kita akan berdiam diri ditanah, apa yang kita miliki, harta,kekayaan, anak,isteri, keluarga dan sebagainya akan kita tinggalkan. Mengingatkan kita untuk tidak boleh sombong, karena kita akan menjadi sebutir bangkai di dalam tanah. Pelajaran bagi kita, untuk instropeksi diri dan tidak sombong, ketiga tujuan untuk silaturahim kepada orang yang mendahului kita,unngkapnya. Ziarah diakhiri dengan menabur bunga dan telah berjalan baik dan lancar.

Setelah Acara ziarah selesai, Kakan Kemenag Karo dan rombongan, sesuai arahan Kepala KUA Tiga Binanga singgah sebentar ke Lau Tir Gunung, salah satu obyek wisata di Kecamatan Tiga Binanga dan diakhiri dengan makan bersama.

 

Kontributor:
Feri Diana
Penulis:
Feri Diana,SH

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -