Berita

Mengenalkan Kitab Suci Agama Hindu Kepada Umat Hindu Di Desa Negeri Jahe

Jumat, 7 Juni 2024 11:14 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kitab Suci Agama Hindu adalah weda. Weda berasal dari kata vid yang berarti “ belajar mengetahui”. Weda adalah kitab suci untuk mempelajari segala sesuatu, dari yang biasa hingga yang muskil. Bimluh Agama Hindu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo dilaksanakan Dinis,S.Ag,M.M., secara rutin. Bimluh kepada umat Hindu dilaksanakan di Desa Negeri Jahe Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo dengan tema “Mengenalkan Kitab Suci Agama Hindu”, Rabu (05/06).

Weda memuat penjelasan tentang Tuhan dan alam semesta yang sesuai dengan kemampuan akal manusia. Dinis mengenalkan Kitab suci Weda terdiri dari 4 (empat) samhita atau himpunan, di antaranya : Reg Weda, Sama Weda, Yajur Weda dan Atharmaweda.

Reg Weda, memuat mantra-mantra dalam bentuk puji-pujian. Mantra digunakan untuk mengundang dewa agar hadir dalam upacara kurban. Imam yang menggelar puji-pujian dikenal dengan sebutan Hotr.

Sama Weda, puji-pujian diberikan lagu. Mereka yang melantunkan dikenal dengan Udqatr.

Yajur Weda, memuat yajus atau rapal yang dinukan untuk mengubah kurban-kurban menjadi makanan dewa. Melalui rapal Yajur Weda, bahan-bahan yang dikurbankan akan pindah kea lam kedewataan dan dihubungkan dengan para dewa.

Atharmaweda, mengandung mantra-mantra sakti dan ilmu gaib yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit, menolak bahaya, dan lainnya.

 

 

 

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Dinis,S.Ag,M.M

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -