Berita

Memahami Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jumat, 19 April 2024 09:09 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kegiatan pembinaan penyuluhan kepada anak-anak Hindu di Desa Kidupen Kecamatan Juhar Kabupaten Karo dilaksanakan Penyuluh Agama Hindu Dinis,S.Ag,M.M., dengan mengangkat tema Memahami Ajaran Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari. Kamis (19/04).

Tri Kaya Parisudha adalah tiga perbuatan yang disucikan merupakan salah satu kearifan lokal sosial yang dimiliki masyarakat Bali. Berpikir yang benar (manacika), berkata yang benar (wacika) dan berbuat yang benar (kayika) adalah inti dari konsep Tri Kaya Parisudha.

Tiga macam pengendalian berdasarkan pikiran (Manacika) yaitu : 1. Tidak menginginkan sesuatu yang tidak layak 2.Tidak berpikiran negatif terhadap makhluk lain. 3.Tidak mengingkari hukum karma

Empat macam melalui perkataan (Wacika) yang patut di kendalikan, yaitu: 1. Tidak suka mencaci maki. 2. Tidak berkata-kata kasar pada siapapun. 3. Tidak memfitnah makhluk lain. 4. Tidak ingkar janji atau berkata bohong.

Dan tiga hal yang harus dikendalikan melalui perbuatan (Kayika), yaitu: 1. Tidak menyakiti, menyiksa, apalagi membunuh-bunuh makhluk lain. 2. Tidak berbuat curang, sehingga berakibat merugikan siapa saja. 3. Tidak berzinah atau yang serupa itu.

Tri Kaya Parisudha pikiran adalah hal yang harus diprioritaskan, karena pada dasarnya semua hal bermula dari pikiran. Ia menjadi dasar dari prilaku yang lainnya (perkataan dan perbuatan); dari pikiran yang murni akan terpantul serta terpancarkan sinar yang menyejukan orang-orang disekitar dan sebaliknya pikiran keruh akan meruwetkan segala urusan kita.

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Feri Diana,SH

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -