Berita

Kemenag Karo Kampanyekan dan Gelar Pengawasan Produk Halal Untuk Ekonomi Berkelanjutan

Kamis, 4 April 2024 14:02 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kementerian Agama Kabupaten Karo melalui Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Drs. H. Adi Sungkono,MA bersama Pengawas JPH Ahmad Yani,M.Kom.I., dan Pendamping Proses Produk Halal (PPPH) serta Penyuluh Agama Islam melaksanakan Pengawasan sekaligus Kampanye Wajib Halal Oktober (WHO) 2024. Kegiatan dilaksanakan secara pada Kamis (04/04) dimulai pukul 09.30 WIB.

Selanjutnya Kasi Bimas Islam mengatakan kegiatan ini merupakan program sertifikasi halal yang diinisiasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Lebih lanjut Kasi Bimas Islam mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada dua titik lokasi. "Pertama Jalan Samura Gang Madu di rumah Bakery Parso dan Kantin Sehat MAN Karo yang dikelola oleh Surya Ningsih. Kedua Titik lokasi Jalan Kapten Bangsi Sembiring Simpang VI depan RSU Kabanjahe, bertempat di Noval Mozarela dan Pecal Dewik," jelasnya.

Kasi Bimas menambahkan sasaran kampanye WHO yakni semua lapisan masyarakat baik Pelaku Usaha Mikro, kecil, sedang hingga besar dan juga konsumen yang berada di Kabupaten Karo.

Sejalan dengan hal tersebut pengawas JPH Ahmad Yani,M.Kom.I mengatakan Kampanye sekaligus Pengawasan JPH ini bertujuan untuk memasyarakatkan kewajiban bersertifikat halal pada 18 Oktober 2024 untuk tiga ketegori yaitu pertama produk makanan, minuman, kedua jasa penyembelihan dan hasil sembelihan, ketiga bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman.

Ahmad menambahkan bahwa selain kegiatan Kampanye, juga dilaksanakan Pengawasan terhadap, pelaku usaha atau pemilik UMKM/penjual makanan dan minuman  yang telah memiliki sertifikat halal, nomor ID dan barcode, jenis produk, nama bahan, NIB, serta kesesuain logo Halal Indonesia sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Jadi Kewajiban bersertifikat halal ini adalah bukti keterlibatan pemerintah dalam menjamin kehalalan dan kethayyiban serta kepastian produk halal bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Karo. " Harapan kita semoga dengan adanya kegiatan Kampanye dan Pengawasan ini, masyarakat kita baik pelaku usaha dan konsumen teredukasi dan berkeinginan untuk turut serta mensukseskan program WHO 2024,"tutupnya.

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Ahmad Yani, M.Kom.I
Penulis:
Ahmad Yani, M.Kom.I

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -