Berita

Kakan Kemenag Karo Didampingi Pengawas Madrasah Melakukan Pembinaan Di Cendikia Bunayya

Rabu, 15 Pebruari 2023 18:24 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kakan Kemenag Karo Dr.H.Mustapid,MA melakukan Monitorong sekaligus pembinaan Guru di MAS dan MTsS Cendikia Bunayya Desa Sumber Mufakat Gang Sado Kecamatan Kabanjahe didampingi Pengawas Madrasah Arifin Ginting,S.Ag, Drs.Lawan Ginting, Pendapotan Siregar,S.Pd.I, dan Hamidah,S.Pd

Kakan disambut baik oleh Syamsuddin,S.Ag Kasek MAS, Karyawan Tarigan,Sos.S.Pd Kases MTsS, Kasek MIS Cendikia Bunnaya dan Kasek RA Cendikia Bunnaya Kabanjahe, guru-guru dan pegawai Cendikia Bunayya Kabanjahe.

Kasek MTsS Cendikia Bunayya mengatakan bahwa Cendikia Bunnaya merupakan satuan pendidikan berada di bawah naungan Kementerian Agama. Cendikia Bunnaya memiliki staf dan pengajar serta guru yang berkompeten di bidangnya menggunakan kurikulum yang berlaku ditambah dengan ilmu agama.Cendikia Bunayya sudah menghasilkan siswa yang berprestasi di bidang akademik dan bidang lainnya, seperti Juara KSM di Kabupaten Karo,juara LKBB HUT RI ke-77.

Kasek MAS Cendikia Bunnaya melaporkan bahwa Tahun 2023 adalah tahun ketiga berdirinya MAS ini, usaha dilakukan untuk Akreditasi sekolah.Rasa bangga dua (2) orang siswa MAS mendapat jalur undangan ke Perguruan Tinggi yaitu ke Universitas Indonesia dan Universitas Sumatera Utara, semoga siswa kita diterima,ujarnya.

Kasek MAS juga mengucapkan terima kasih atas supervisi dan monitoring Pengawas yang selama ini telah berlangsung.

Pengawas Madrasah Kankemenag Karo yang diwakili oleh Arifin Ginting,S.Ag mengucap syukur kepada Allah SWT atas nikmat kesehatan,iman,kelapangan waktu sehingga dapat berkumpul pada pembinaan ini. Cendikia Bunnayya cukup membanggakan kita dengan prestasi sudah diperoleh.Kita mendapatkan kepercayaan yang lebih dari masyarakat sehingga mereka percaya kita mendidik anaknya.

Kakan Kemenag pada bimbingan dan arahan mengharapkan Kepala Madrasah harus betul-betul dapat mengelola manajemen dengan baik sehingga orang tua siswa tidak akan ragu untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah.Bagaimana kita memaksimalkan dan mengoptimalkan dana yang ada.Kepala Madrasah dapat menciptakan dan memelihara hubungan antar sesama guru dan pegawai baik berdasarkan lingkungan maupun di dalam hubungan keseluruhan.

Monitoring dilaksanakan untuk mempererat hubungan atau silaturahmi antar keluarga besar RA, MIS,MTsS dan MAS Cendikia Bunayya Kabanjahe dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo melalui Pengawas Madrasah yang melakukan monitoring secara berkala.

Kakan juga mengatakan bahwa guru mendidik dan merobah karakter siswa menjadi orang yang baik. Guru mengajarkan akhlak moral kepada siswa. Seorang guru harus profesional, ahli dengan bidangnya serta menghasilkan sesuatu yang berguna.Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Guru semakin dihargai dengan adanya tunjangan profesi atau dikenal dengan sertifikasi,ungkapnya.

Pemerintah menerapkan Kurikulum Merdeka, dimana pendidik menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar. Pendidik dapat melakukan penyesuain dengan konteks dan muatan lokal.

Akhirnya beliau menyimpulkan bahwa pendidik harus menerapkan empat (4) kemampuan yaitu kemampuan komunikasi, kemampuan kolaborasi, kemampuan teknologi dan kemampuan evaluasi.

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dr.H.Mustapid,MA
Penulis:
Feri Diana,SH
Fotografer:
Anwar Simamora

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -