Berita

Bimluh Kepada Anak-Anak Umat Hindu : Pengertian Catur Asrama Dalam Ajaran Hindu

Rabu, 5 Juni 2024 11:46 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Bimbingan dan penyuluhan Agama Hindu dilaksanakan secara rutin oleh Penyuluh Agama Hindu Dinis, S.Ag,M.M.,  kepada anak-anak umat Hindu Di Desa Kidupen Kecamatan Juhar Kabupaten Karo, Selasa (04/06).

Tema penyuluhan mengajarkan tentang “Pengertian Catur Asrama Dalam Ajaran Hindu”. Catur Asrama adalah salah satu ajaran Hindu tentang kehidupan yang penting untuk dipahami oleh umatnya. Catur Asrama menjelaskan mengenai tahapan-tahapan kehidupan yang harus dilalui manusia.

Catur Asrama dapat dijelaskan sebagai tatanan waktu, usia, rohani, dan sifat manusia. Susunan ini berfungsi sebagai pendukung bagi perkembangan spiritual seseorang mulai dari usia bayi hingga usia tua. Keempat tahap kehidupan ini dilandasi petunjuk kerohanian agama Hindu.

Catur Asrama memiliki bagian-bagian yaitu Brahmacari Asrama, Grhasta Asrama, Wanaprasta Asrama, Sanyasin Asrama.

Brahmacari Asrama merupakan masa mencari ilmu yang dilakukan sejak manusia lahir hingga manusia meninggal. Masa ini dimulai dengan upacara Upanayanan dan diakhiri dengan pemberian Samawartana atau ijazah.

Grhasta Asrama merupakan tahap  kehidupan menjalani rumah tangga. Masa ini dimulai dengan suatu upacara yang disebut dengan Wiwaha Samskara (perkawinan),  dimana manusia sudah tak lagi mengurus dirinya sendiri namun juga harus mengurus orang lain atau keluarganya. Tanggung jawab manusia dalam tahap ini adalah membimbing keluarga baik secara fisik maupun spiritual.

Wanaprasta Asrama merupakan manusia diminta untuk menjauh dari nafsu keduniawian dan mengabdi pada pengamalan ajaran Dharma. Dalam masa ini, manusia mendalami arti kehidupan yang sebenarnya.

Sanyasin Asrama, tingkatan masa paling akhir dari catur asrama, dimana seorang Hindu terlepas di pengaruh duniawi dan mengabdi seutuhnya pada nilai-nilai keutamaan Dharma.

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Dinis,S.Ag,M.M

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -