Berita

Bimluh Hindu Kepada Umat Hindu Di Negeri Jahe : “Memahami Reinkarnasi Dalam Ajaran Agama Hindu”

Kamis, 30 Mei 2024 10:35 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas). Bimbingan dan Penyuluhan Agama Hindu kepada umat Hindu di Desa Negeri Jahe Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo dilaksanakan Penyuluh Agama Hindu PNS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo Dinis,S.Ag,M.M., didampingi Penyuluh Agama Hindu Non PNS dengan materi “Memahami Reinkarnasi Dalam Ajaran Agama Hindu, Rabu (29/05).

Penyuluh Hindu mengatakan bahwa reinkarnasi dalam agama Hindu disebut dengan Punarbhawa. Punarbhawa berasal dari kata punar yang berarti kembali dan bhawa berarti menjelma atau lahir. Reinkarnasi merupakan sesuatu hal yang ditunggu karena berhubungan dengan Karma Phala yang kita perbuat di kehidupan masa lalu. Akan tetapi reinkarnasi ini juga harus dihindari karena merupakan penghambat dari tujuan.

Reinkarnasi terjadi pada saat seseorang meninggal dunia, rohnya (jimatman) melepaskan badan jasmani (stula sarira) menuju surga atau neraka. Lamanya roh berada disetiap alam ini tidak sama, tidak dapat ditentukan lamanya, tergantung dari banyaknya baik buruk karma yang dibawa oleh Atman.

Apabila karma baiknya lebih banyak, maka setelah mati atmanya akan tinggal lebih lama di surga untuk menikmati kebahagiaan. Setelah itu karma buruknya akan menarik atman untuk menjelma kembali ke dunia melalui proses kelahiran dengan menggunakan badan jasmani yang baru.

Kelahiran kembali nantinya tergantung dari karma wasananya. Kalau ia membawa karma baik, ia akan lahir menjadi orang yang berbahagia, berbadan sehat dan berhasil cita-citanya. Oleh karena itu reinkarnasi merupakan kesempatan untuk memperbaiki diri agar nantinya dapat meningkat ke taraf yang lebih tinggi.

Proses reinkarnasi terjadi karena kesadaran sang roh untuk masuk kebentuk kehidupan baru sesuai karma dan sang roh dalam kehidupan dapat merubah karma sampai sang roh suci berada pada titik kesempurnaan Moksa. Reinkarnasi memiliki nilai positif untuk menuntun umat manusia dalam menjalani kehidupan dan melakukan kebaikan sampai mendapatkan kesempurnaan yaitu Moksa.

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Dinis,S.Ag,M.M

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -