Berita

Belajar Memahami Doa Sehari - Hari Dalam Ajaran Agama Hindu Kepada Anak – Anak Umat Hindu Di Desa Kidupen

Senin, 8 Juli 2024 08:51 WIB
  • Share this on:

Karo (Humas) Kegiatan rutin melaksanakan bimbingan dan penyuluhan Agama Hindu kepada anak-anak yang beragama Hindu sebagai warga binaannya di Desa Kidupen Kabupaten Karo dilaksanakan Penyuluh Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karo Dinis,S.Ag,M.M., setiap minggunya. Jumat, (05/07).

Penyuluhan kali ini anak-anak diajak membiasakan diri untuk berdoa sebelum atau sesudah melakukan aktifitas sehari-hari. Melalui penyuluhan ini diharapkan tumbuh kembang keimanan umat Hindu khususnya di Kabupaten Karo semakin meningkat. Bimluh kepada anak-anak Hindu mengajarkan tentang pengenalan tentang belajar memahami Doa sehari-hari dalam ajaran Agama Hindu.

Doa sehari-hari dalam agama Hindu wajib diketahui dan diamalkan oleh umat Hindu. Dalam keseharian, semua manusia memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Ada juga banyak hal yang terjadi pada setiap orang yang harus selalu disyukuri.Manusia bisa bersyukur, meminta bantuan, dan lainnya dengan cara berdoa.

Ada beberapa doa yang bisa diamalkan, tergantung dari situasi yang sedang terjadi. Dinis menerangkan beberapa contoh doa yang dapat diterapkan sebelum beraktifitas. Antara lain doa menjelang tidur, doa bangun pagi, doa membersihkan/ mencuci muka, doa berkumur, doa membersihkan kaki, doa sebelum makan, doa selesai makan, doa sebelum memulai pekerjaan, doa sesudah bekerja, doa mohon bimbingan Tuhan, doa mohon inspirasi, doa mohon kecerdasan, doa belajar, doa mohon ampunan, doa memotong hewan, doa mengunjungi orang sakit, doa melayat, dan doa lainnya.

Beliau memberikan contoh, Doa sebelum makan, "Om, Anugraha Amrtadi Sanjiwani Ya Namah Swaha." Artinya: "Om Hyang Widhi, semoga makanan ini dapat memberikan kehidupan lahir dan batin yang suci pada hamba."

Dan doa sesudah makan, "Om, Dirghayu astu, awighnam astu, subham astu, Om, Sriyam bhawantu, sukham bhawantu, purnam bhawantu, ksama sampurna ya namah swaha. Om santih, santih, santih, Om. Artinya: Om Hyang Widhi, semoga makanan yang sudah hamba makan dapat memberikan kekuatan dan keselamatan, umur panjang, dan tidak mendapatkan halangan. Om Hyang Widhi, semoga damai, damai, damai,selamanya.

 

 

 

 

Editor:
Feri Diana
Kontributor:
Dinis,S.Ag,M.M
Penulis:
Dinis,S.Ag,M.M

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -